Pelatihan “Penguatan Kerjasama Tim UPBJJ-UT Kendari”

21 – 22 September 2015

 

“Biasami”  adalah ungkapan yang sangat biasa kita dengar bila kita bercakap-cakap di Kendari. Dalam bahasa di Kendari, kata ini berarti “sudah biasa, sesuatu yang sudah biasa dan sudah otomatis dilakukan. Tapi, sadarkah kita bila ternyata yang kita sebut “biasami” itu adalah sesuatu yang kurang baik?

Perilaku kurang baik sudah sepatutnya kita coba hilangkan. Sejak tahun 2014, pimpinan di UT Pusat menyadari bahwa dalam membentuk etos kerja dan kekompakan dalam bekerja, setiap pegawai perlu disadarkan tentang peran setiap pribadi dalam mencapai visi dan misi Universitas Terbuka. Perilaku-perilaku kurang baik yang mungkin masih ada dalam diri kita, sudah saatnya kita hapus, agar kerjasama dalam tim di UPBJJ-UT Kendari menjadi semakin solid dan kompak.

Sebagai salah satu upaya mendorong dan meningkatkan kekuatan tim dalam menjalankan peran-peran dalam kelompok kerja, Universitas Terbuka melaksanakan Pelatihan Penguatan Kerjasama Tim UPBJJ-UT Kendari, pada tanggal 21 dan 22 September 2015, bertempat di UPBJJ-UT Kendari, dan diikuti oleh 30 pegawai UPBJJ (PNS dan TKT).

Program Penguatan Kerja Sama di UPBJJ ditujukan agar setiap pegawai di UT menyadari peran dan tanggungjawabnya sebagai pegawai, namun juga selalu ingat dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga, sebagai makhluk sosial atau ummat. Semua peran tersebut harus seimbang kita jalankan, agar kehidupan kita sebagai manusia tetap fokus. Pada akhirnya, setiap pegawai diharapkan dapat berperan menjadi pribadi yang berkarakter baik dan mampu bekerjasama dalam tim kerja yang solid.

Pelatihan dibuka pada hari Senin, 21 September 2015, dengan acara pembukaan bersama dengan Tim dari UT Pusat dan seluruh pimpinan dan staf UPBJJ UT Kendari. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala UPBJJ-UT Kendari, Drs. Wawan Ruswanto, M. Si. Dalam sambutannya, Pak Wawan meminta agar setiap pegawai mengikuti kegiatan ini dengan serius dan bias memaknainya dengan baik sehingga mampu mengaplikasikannya pada dunia kerja maupun dunia sosialnya.

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WITA dengan senam fisik dan senam otak, untuk menyeimbangkan otak kiri dengan otak kanan. Setelah itu, dilakukan berbagai permainan yang difokuskan pada kemampuan berpikir dan bekerjasama dalam kelompok. Sebagai kegiatan awal untuk mempelajari karakter setiap individu, dilakukan berbagai permainan di halaman kantor UPBJJ-UT Kendari. Permainan tersebut antara lain adalah Magic Words (untuk penyadaran peran setiap individu), Traffic Jam (untuk menjadi pemimpin dalam kelompok), Calculator Punch (pengendalian diri), Densus (pengelolaan kelompok), Moon Ball, dll. Setiap kelompok melakukan sebanyak 6 permainan (games) secara bergantian.

Dalam setiap permainan terkandung berbagai kegiatan yang melatih kepekaan setiap individu tentang karakter diri sendiri dan kemampuan untuk mengenali karakter teman kerja.

 

Pada hari kedua, Selasa, 22 September 2015, dilakukan kegiatan dalam kelas yang terdiri dari sessi tentang penyadaran terhadap kesalahan pola pikir dan cara berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari, baik di kantor maupun di rumah serta dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Kegiatan hari kedua ini juga diisi dengan acara senam otak, curah pendapat, tanya jawab peserta dengan narasumber. Sebagai sessi penutup, dilakukan sessi refleksi diri dari setiap individu terhadap semua peran yang melekat pada dirinya, saling bermaafan di antara para pegawai.

Salah seorang peserta, yaitu Pak Sukrin menyampaikan testimoninya tentang kegiatan ini “Saya sering mengikuti pelatihan. Tapi kali ini saya merasa seperti ada wahyu yang turun di Kendari hari ini…..enaknya saya punya hati hari ini….”. Lain pula kesan yang disampaikan oleh Bu Patma: “Kegiatan seperti ini yang kami butuhkan, agar kami dapat terus berpikir positif”.

 

“Tetap semangat ….  terus berikhtiar menjadi baik, dan tetap istiqomah dalam kebaikan”

 

Kendari, 22 September 2015

Penulis : Marisa – PPSDM-UT

UPBJJ-UT KENDARI

Alamat:
Jl. A.H. Nasution Kec. Kambu
Kota Kendari Prov. Sultra
Telp/Fax: 0401 - 3136033
Telp: 0401 - 3136035
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.