Tentang UPBJJ-UT Kendari

Wamendikbud Resmikan 10 Gedung

peresmian-gedung-prasasti-wamendikbud-dies-natalis-28-september-2012

TANGERANG – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang pendidikan, Musliar Kasim meresmikan 7 gedung UPBJJ-UT yang tersebar di 7 provinsi di Indonesia. Selain itu, wamendikbud juga meresmikan 3 unit gedung yang berada di kantor UT Pusat di Kantor UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Selasa (4/9).

Tujuh gedung UPBJJ-UT yang diresmikan itu UPBJJ-UT Medan, Padang, Manado, Kendari, Gorontalo, Majene, dan Jayapura. Sedangkan 3 gedung di kantor UT Pusat, yaitu Rektorat, BAAPM, dan LPBAUSI.

Menurut Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed.Ph.D., UT tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga infrastruktur IT. Saat ini UT memiliki koneksi internet internasional dengan bandwidth 100 Mbps (megabyte/sec), koneksi internet lokal melalui open ixp 1 Gbps dan melalui iix 15 Mbps.

Disamping itu, UT juga membangun jaringan intranet Virtual Private Network (VPN) dengan seluruh UPBJJ dengan bandwidth 100 Mbps. Infrastruktur IT ini sangat dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran serta administrasi akademik dan umum. Koneksi VPN juga digunakan untuk mendukung manajemen dalam melakukan komunikasi dan koordinasi melalui Video Conference (Vicon), melalui IP Phone, serta untuk proses komunikasi dan sinkronisasi data dari UT Pusat ke 37 UPBJJ-UT.

Dukungan IT dalam proses pembayaran biaya pendidikan yang lebih akurat sudah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2011, dengan diimplementasikannya Sistem Tagihan Elektronik. Hingga saat ini UT telah bermitra dengan 3 bank pemerintah (Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Mandiri) untuk penyediaan jalur pembayarannya melalui mesin ATM, teller, EDC, Internet Banking, dan SMS Banking.

Dia menambahkan, pembangunan infrastruktur pendidikan seperti gedung-gedung kantor merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung pembelajaran. Karena itu, UT terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran termasuk kantor yang memadai. Saat ini UT telah memiliki fasilitas berupa tanah dan gedung yang digunakan sebagai kantor baik di Kantor Pusat maupun di UPBJJ di seluruh daerah. Di Kantor Pusat di Pondok Cabe ini, luas tanah keseluruhan kompleks UT Pusat adalah 15,6 hektar sedangkan luas tanah total untuk seluruh 37 UPBJJ adalah 109,676 hektar, dimana 77% diantaranya sudah merupakan tanah milik UT, dan sisanya 15.78% merupakan pinjaman dari PTN atau Pemda setempat, yang Insya Allah akan dikembalikan pada tahun 2012 ini.

Wamendikbud, Musliar Kasim mengemukakan, bangga dengan apa yang telah dicapai UT selama ini. Apalagi sebagai PTN Terbuka sunggu luar biasa kalau dibandingkan dengan PTN reguler lainnya. “Karena itu, kalau PTN seperti UT saja mampu seperti ini, kalau ada PTN yang tidak bisa seperti UT berarti manajemennya tidak bagus,” tegasnya.

UPBJJ-UT KENDARI

Alamat:
Jl. A.H. Nasution Kec. Kambu
Kota Kendari Prov. Sultra
Telp/Fax: 0401 - 3136033
Telp: 0401 - 3136035
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.